Friday, November 9, 2018

Platform Media Sosial yang Cocok untuk Bisnis/UKM

Berbicara mengenai sosial media, kebanyakan kita menganggap bahwa semua platform medsos adalah sama. Ajang untuk saling share (berbagi) serta mengkonsumsi informasi antar sesama pengguna platform. Padahal, setiap media sosial sebenarnya memiliki kekhususan masing-masing mulai dari tipe user hingga tujuan penggunaannya.

Pada tulisan ini, Karinov akan sedikit memberikan resume singkat mengenai 5 platform media sosial terpopuler agar kamu tidak salah langkah dalam penggunaanya. Kelima platform tersebut adalah:

  • Facebook
  • Instagram
  • Pinterest
  • YouTube
  • Linkedin

Mungkin diantara pembaca ada yang bertanya-tanya, mengapa twitter tidak masuk platform medsos terpopuler untuk bisnis? Hal ini dikarenakan penggunaan twitter di Indonesia cenderung lebih pada peruntukkan individu khususnya public figure.

Media sosial yang cocok untuk bisnis
Jika pun ada bisnis yang aktif dalam dunia twitter, sebagian besarnya merupakan customer service / support yang artinya bukan digunakan sebagai channel marketing utama. Tentu hal ini dikarenakan gaya bahasa kasual di twitter yang ringkas lebih pas untuk personal branding dibandingkan mempromosikan sebuah produk atau jasa.

5 Media Sosial berorientasi Bisnis Terpopuler

Untuk kelima platform media sosial di atas, data dan fakta yang ditampilkan adalah seputar profil pengguna, tujuan penggunaan, serta demografi user.  Langsung saja, berikut ulasan lengkapnya.

Facebook

Facebook hingga hari ini masih menjadi Leading Social Network, tentu tak perlu heran mengingat jumlah user Facebook hari ini yang sudah mencapai 1.5 Miliar pengguna. Berdasarkan survey, 91% dari generasi millenials juga telah bergabung dengan Facebook. Belum lagi, rata-rata waktu seorang pengguna menghabiskan waktu di Facebook paling tidak selama 20 menit/hari. Dari data ini, sepertinya dominasi Facebook sebagai media sosial terbesar masih akan bertahan cukup lama.

Instagram

Berbeda nasib dari platform photo sharing lainnya seperti Flickr, jumlah user Instagram tumbuh jauh lebih cepat dengan 400 juta pengguna aktif. Sampai hari ini, Instagram adalah aplikasi untuk sharing foto dan video pendek terbesar di dunia. Dengan basis utama adalah kaula muda, IG memiliki 90% pengguna yang berusia di bawah 35 tahun. Hal menarik lainnya dari platform ini adalah rasio akun bot yang cukup tinggi, hingga 8% akun di Instagram disinyalir adalah robot otomatis.

Pinterest

Berbeda dengan jenis sosial media lainnya, Pinterest bukan hanya media untuk berbagi tapi juga kanal penting untuk mengkonsumsi informasi. Ya, banyak sekali inspirasi-inspirasi berharga yang bisa kamu dapatkan dari konten yang ada di pinterest. Dengan jumlah pengguna aktif mencapai 100 juta orang, kamu bisa menjelajah hampir semua ide sesuai dengan interest (ketertarikan) kamu. Uniknya lagi, platform ini didominasi oleh pengguna perempuan yang mencapai 80% dari keseluruhan user yang ada.

YouTube

Jika berbicara mengenai siapa penyedia video di jagat raya internet ini, tentu YouTube adalah rajanya. Mulai dari video berdurasi pendek hingga berjam-jam dapat kamu temukan ada disana. Tidak ingin tertinggal dengan Facebook, portal video sharing yang telah diakusisi Google ini punya 1 miliar pengguna aktif setiap bulannya loh. Dengan rata-rata pengguna alias 82% user YouTube adalah ABG, tidak heran banyak vlogger-vlogger muda yang sukses menjadi seorang YouTuber. Waktu rerata yang dihabiskan dalam mengakses YouTube juga terbilang cukup lama, yaitu 40 menit. Mantap juga ya.

LinkedIn

Dalam ranah profesional, karir, tentu kamu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya LinkedIn. Jika kamu mengira bahwa LinkedIn hanya digunakan oleh headhunter saja, kamu salah besar. Banyak orang yang mencari rekan bisnis, rekanan perusahaan, hingga jasa profesional dengan memanfaatkan platform LinkedIn. Profil pengguna LinkedIn sendiri sebanyak 79% adalah orang berusia di atas 35 tahun dari total 380 juta pengguna yang ada. Tidak hanya itu, 57% dari perusahaan-perusahaan besar juga hadir dalam media ini dalam bentuk LinkedIn Pages.

Oke, itulah bahasan lengkap mengenai kelima platform media sosial ternama yang dapat memberi manfaat signifikan bagi bisnis Anda. Jika ada salah satunya yang belum Anda optimalkan, ada baiknya kamu berpikir ulang untuk menggunakannya. Masih merasa bingung dari pembahasan di atas? jangan sungkan untuk menyapa kami lewat kolom komentar.

Post a Comment

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search