Friday, November 9, 2018

Cara SEO paling Dasar untuk Website Baru

Tulisan ini diperuntukkan untuk para pemula yang ingin belajar dasar-dasar SEO agar muncul di laman pencarian Google.co.id.

SEO dasar untuk Google

Jika Anda memiliki website dan baru ingin terjun di dunia Search Engine Marketing, maka tulisan ini akan pas untuk Anda karena kami akan berbagi mengenai hal yang sangat dasar dari cara optimasi SEO berdasarkan panduan resmi dari Google.

Berikut tahapan awal yang harus dilakukan pada sebuah website agar ramah bagi mesin pencari.

1. Cek Apakah Web Anda sudah Ter-index Google

Pada tahap ini, harus Anda lakukan simpel saja, cukup ketikkan kaat kunci seperti ini di kolom pencarian Google Search,

site:namawebsitekamu.com

Dengan mengisi kata kunci diatas, maka semua hasil pencarian nantinya adalah semua halaman web kamu yang sudah ter-index Google. Misal, untuk web Karinov, Anda akan lihat hasil pencarian seperti di halaman ini: google.co.id/search?q=site:karinov.co.id

Jika Anda tidak mau repot, ganti saja url “karinov.co.id” di atas dengan alamat atau nama domain web kamu.

Lalu bagaimana jika ternyata web saya belum terindex, atau dari sekian banyak halaman website hanya terindex beberapa saja?

Jika hal ini terjadi, artinya kamu perlu untuk submit laman kamu secara manual dengan Google submit url. Jika kamu ingin submit otomatis, mau tidak mau kamu harus mengintegrasikan web kamu dengan Google Search Console.

2. Pastikan Web Anda memiliki Isi yang Berkualitas

Ini hal kedua yang harus diingat. Sejatinya, Google merupakan sebuah perusahaan penyedia jasa. Apa jasa yang mereka sediakan?

Google menyediakan jasa untuk membantu menemukan informasi sesuai yang diinginkan oleh penggunanya. Oleh karena itu, jika isi website Anda dapat menjawab kebutuhan pengguna pencarian Google, otomatis mesin pencari pun akan suka dengan website Anda.

Parameter hal ini dapat dibaca oleh Google dengan melihat berapa lama pengunjung bertahan di website Anda (session duration). Jika setelah masuk ke web Anda, pengujung langsung kabur (bounce rate tinggi), siap-siap, Google bisa menilai web Anda memiliki isi yang tidak berkualitas.

3. Kecepatan Loading dan Kompatibilitas antar-device

Seiring dengan tren penggunaan internet serta pencarian online mulai didominasi dari perangkat mobile, Google pun menyesuaikan dengan algoritmanya yang ikut mempertimbangkan aksesibilitas dari sebuah website.

Cukup banyak faktor yang menetukan pada bagian ini seperti, tempat hosting website, template yang digunakan, platform cms yang dipakai, hingga dukungan teknologi kompresi.

Secara umum, untuk mengetahui performa website secara umum khusus pada bagian ini, Anda bisa mengecek langsung melalui tools milik Google berikut g.co/mobilefriendly.

Disana, Anda cukup memasukkan URL website dan tunggu beberapa saat hingga akhirnya muncul hasil audit serta rekomendasi yang perlu Anda lakukan untuk meningkatkan performa website.

Nah, itulah 3 poin dasar bagaimana cara optimasi website yang paling dasar agar bisa tampil di mesin pencarian Google. Jika Anda merasa membutuhkan bantuan dalam mengoptimasi website, Anda bisa mempertimbangkan untuk merekrut pihak ketiga yang dapat menyediakan jasa optimasi SEO untuk Anda.

Hal ini juga disarankan oleh Google secara khusus dengan mendefinisikan praktisi SEO sebagai pihak yang akan membantu penampilan web Anda di mesin pencari. Berikut kutipannya:

Do I need external help?
SEOs or Search Engine Optimizers are professionals who can help you improve your website and increase visibility on search engines.

Bagaimana, memilih untuk merekrut jasa SEO atau melakukannya sendiri? Kami siap membantu dan berdiskusi lewat kolom komentar.

Post a Comment

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search